2 Cara Perawatan Wajah Berjerawat

Perawatan Wajah Berjerawat
Hasil Menerapkan 2 Cara Perawatan Wajah Berjerawat
Perawatan wajah berjerawat sebenarnya bisa dilakukan anda sendiri tidak perlu memakai jasa salon kecantikan terlebih anda yang memiliki keuangan terbatas, namun perlu telaten anda kaum hawa dalam mengerjakannya secara rutin. Ada banyak resep warisan nenek moyang yang bisa kita gunakan. Perawatan wajah berjerawat dan berminyak terutama yang berjerawat ada dua macam yaitu :
  1. Pembersihan diikuti oleh penyegaran dan perawatan dengan memakai bedak dingin. Saat anda akan tidur setidaknya wajah anda di gosok dengan menggunakan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. Akan lebih bagus lagi ketimun yang diparut dan dicampuri dengan sedikit air kemudian disaring dengan kain tipis. Anda juga bisa memblender lalu hasil blender tadi diperas menggunakan kain tipis untuk diambil air perasannya. Air perasan ketimun tersebut kemudian disapukan pada kulit muka anda dengan menggunakan kapas sampai merata. Atau anda bisa menambahkan madu sedikit dengan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun agar hasilnya lebih tampak cerah. Paginya saat sudah bangun tidur kita mencari handuk kecil terus kita masukkan air hangat dan diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah digosok dengan air ketimun tadi. Air hangat gunanya untuk menghilangkan dan meluluhkan lemak-lemak pada kulit muka. Yang kedua kita mencari handuk kecil lagi kemudian dimasukkan ke dalam air es. Caranya juga sama handuk tersebut diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah di sapu dengan air hangat tersebut.  air es atau air dingin berguna untuk merapatkan kembali pori-pori yang tadi terbuka akibat air hangat. 
  2. Perawatan wajah berjerawat kedua adalah dengan memakai bedak dingin. Bedak dingin sudah terkenal jaman dahulu, terutama oleh gadis-gadis Melayu. Di Kalimantan, khususnya suku Dayak dan Banjar, kebiasaan memakai bedak atau pupur dingin sudah menjadi tradisi.  Tidak peduli siang ataupun malam, tujuannya selain untuk melembutkan dan memutihkan wajah juga untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Bedak dingin bentuknya ada dua macam yaitu bulat-bulat seperti telur cecak kecil-kecil sedangkan satunya masih merupakan tepung. Untuk cara memakainya bagi yang berbentuk seperti telur cecak ambil dua butir diremas-remas dengan air sedikit kemudian dibedakkan pada kulit muka kalau mau tidur. Bagi bedak yang merupakan tepung ambil setengah sendok teh kecil juga dicampur sedikit air dibedakkan pada kulit muka hingga merata saat hendak tidur. Rasanya pada kulit muka segar, dingin berbau sedap dan harum, karena dari ramuan tradisional. Paginya kulit muka dicuci dengan air biasa.

Langkah membuat bedak dingin
Bahan resep untuk membuat bedak dingin :
  • Tepung beras 1/4 liter 
  • Tepung bengkuang/tepung besusu 1/4 liter
  • Temu giring 1 ons
  • Kancur 1 ons
  • Lempuyang 1 ons
  • Buah pinang 10 buah
  • Adas pala waras 1 sendok makan
  • Akar lara setu 1 ikat kecil
  • Air dingin secukupnya
  • Bibit minyak wangi 10 cc

Cara membuat :
  1. Cara mengerjakannya hampir sama dengan cara membuat param yaitu beras dicuci uang bersih terus direndam selama 12 jam kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya hilang. Kalau sudak kurang lebih satu jam beras tersebut disaring kemudian ditumbuk yang halus dibuat tepung diayak di tambah dengan tepung bengkuang. 
  2. Bahan temu giring, kencur, lempuyang, dan buah pinang dikupas kulitnya lalu diiris tipis-tipis kemudian dijemur sampai kering.
  3. Bahan adas pula waras dan akar lara setu dicuci lalu dijemur.
  4. Ramuan pertama dan kedua tadi dicampur jadi satu ditumbuk kemudian diayak.
  5. Selanjutnya dicampur dengan air secukupnya dan diremas-remas hingga menjadi adonan yang pekat seperti adonan dalam membuat roti.
Nah semoga 2 cara perawatan wajah berjerawat diatas berguna buat Anda wanita khususnya remaja yang harus selalu menjaga kepercayaan diri dan penampilan.
Jika kulit anda berminyak tidak ada salah untuk membaca artikel yang satu ini merawat kulit wajah berminyak
Description: 2 Cara Perawatan Wajah Berjerawat
Rating: 4.5
Reviewed by: Asia Bokie
On: 3:51 AM
TOP